Rabu, 22 Mei 2013

Danau Sentarum


Danau Sentarum ini merupakan Taman Nasional lahan basah terunik di Indonesia, mengapa ? karena ditemui banyak beranekaragam flora serta fauna yang tidak ditemukan di daerah lain kecuali diDanau Sentarum.Taman Nasional Danau Sentarum berada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, yang letaknya itu kira-kira dari kota Pontianak kurang lebih 700km. kawasan ini meliputi beberapa kecamatan yaitu kecamatan Batang Lupar, BunutHilir, Suhaid, Selimbau dan Semitau.
Nah, Danau Sentarum ini sebenarnya dikelilingi oleh jajaran pegunungan, yaitu pegunungan Lanjak disebelah utara, Pegunungan Muller di timur, dataran tinggi Madi diselatan dan pegunungan Kelingkang disebelah barat, hmmm…betapa indah sekali ketika berada disini!

Danau Luar
Danau Luar, saat memasuki Taman Nasional Danau Sentarum
Karena letaknya ditengah-tengah jajaran pegunungan sehingga kawasan ini menjadi daerah tangkapan air, dikala musim hujan danau sentarum ini akan tergenang, akibat aliran air yang berasal dari bukit-bukit disekitarnya serta dari luapan Sungai Kapuas yang masuk ke kawasan danau sentarum.jika musim kemarau panjang maka danau ini sebagian besar akan mengering hanya danau permanen yang masih terisi air, penduduk setempat memanfaatkan lahan kering untuk bermain sepak bola dilahan tersebut, hehe…serta panen ikan juga lho!

Labirin Taman Nasional Danau Sentarum
Banyaknya jenis hutan rawa yang tumbuh di Danau Sentarum dapat membantu menjaga kelestarian danau serta biota-biota yang hidup di wilayah tersebut.Jenis tumbuhan juga banyak kita temukan disini ada 675 jenis, menurut peneliti tumbuhan di danau sentarum bahwa jenis-jenis tumbuhannya sangat berbeda dengan jenis tumbuhan diluar danau sentarum, ada yang mengagumkan pada jenis tumbuhan di kawasan TNDS yaitu terdapat jenis tumbuhan yang sama dengan tumbuhan endemic yang ada di Amazon ! Wow..oleh masyarakat sekitar tumbuhan tersebut dikenal dengan sebutan pohon Pungguk ( Crateva Relegiosa )
Selain tumbuhan yang unik juga terdapat fauna yang unik-unik juga yaitu seperti Bekantan (Nasalis larvatus) yang sekarang ini mengalami kepunahan, saya sempat bertemu dengan bekantan yang mempunyai khas hidung besar, ketika sedang menyusuri labirin danau sentarum, mereka asyik bergelantungan dipohon…akan tetapi yang saya temui anak-anak bekantan yang sedang bermain-main dari pohon-kepohon…sangat indah sekali ! tak hanya si Bekantan saja yang ada disini Orang utan juga ada, Ungko Tangan Hitam, Kelempiau, Macan Dahan dan sebgainya.Disini juga terdapat 310 jenis burung, ular dan reptile yang lain.
Ketika saya pulang dari sini saya mendapatkan oleh-oleh Madu asli danau sentarum dari ibu nini yang merupakan warga Lanjak yang saya diperbolehkan untuk menginap dirumahnya, karena kawasan Danau Sentarum ini terkenal sebagai penghasil madu alam dari jenis lebah Apis dorsata yang sangat menyehatkan pastinya. 

Suasana kampung Lanjak
 
Jika mau kesana :
Dari kota Pontianak – Putusibau pake Bus kurang lebih 16 jam
Kalau pesawat 2 jam aja

Tidak ada komentar: