Rabu, 22 Mei 2013

Yosuf Karsh, Tokoh Fotografer Portrait

Potret Yousuf Karsh

    TOKOH FOTOGRAFER PORTRAIT

    Yousuf Karsh lahir di Mardin, wilayah tenggara Turki., Yousuf Karsh lahir pada tanggal 23 Desember 1908. Wafat pada tanggal 13 Juli 2002 pada usia 93 tahun
    Diusia 14 tahun, ia melarikan diri bersama keluarganya ke keamanan Suriah untuk menghindari penganiayaan setelah Genosida Armenia enam tahun sebelumnya. Tahun 1928, Karsh dianjurkan oleh pamannya untuk magang dengan fotografer John Garo dari Boston. Emapt tahun kemudian Karsh kembali ke Kanada, Ia mendirikan sebuah studio di Jalan Sparks di Ottawa.

    Karyanya dalam koleksi permanen dari :
    Galeri Nasional Kanada, New York Museum of Modern Art dan Metropolitan Museum of Art , George Eastman House International Museum of Photography dan Film Bibliothèque nationale de France National Portrait Gallery di London Nasional Portrait Gallery of Australia dan banyak lainnya. Perpustakaan dan Arsip Kanada memegang koleksi lengkap, termasuk negatif, cetakan dan dokumen. Peralatan fotografi Nya disumbangkan ke Museum Ottawa Sains dan Teknologi. 
    Dalam karir terkenal yang membentang lebih dari 60 tahun, karya portrainya sekitar 15.000 orang terkenal, di antara mereka banyak politisi yang paling terkenal di dunia, seniman, musisi, penulis, dan royalti. Dia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Boston. 

    Karya foto nya yang paling Fenomenal yaitu :

    Yousuf Karsh memotret Winston Churchill, pada tahun 1941, di Ottawa, mengikuti pidato Churchill di House of Commons. Perdana Menteri Raja mengatur untuk sesi potret di ruangan Speaker, Tidak seorang pun telah memberitahu Churchill sesi, jadi setelah menyalakan cerutu geramnya, "Mengapa saya tidak diberitahu tentang ini?"
    Karsh kemudian meminta Churchill untuk tidak menghisap cerutu saat pengambilan fotografi potret. Ketika Churchill menolak, Karsh, kemudian berjalan ke arahnya, mengatakan, "Maafkan saya, Pak," dan dengan tenang menyambar cerutu dari bibir Churchill. Seperti Churchill melotot pada kamera, Karsh lgsung menjepret kameranya.Gambar diambil Churchill dan Inggris dari waktu sempurna - menantang dan tak terkalahkan. Churchill kemudian berkata kepadanya, "Anda bahkan dapat membuat singa yang mengaum berdiri diam untuk difoto." Dengan demikian, Karsh berjudul foto, The Lion Roaring. 
    Karsh akhirnya menjual foto dari Churchill to Life, yang pertama kali digunakan pada halaman dalam, kemudian sebagai sampulnya pada 21 Mei 1945. Setelah melihat foto yang Karsh tentang Churchill pada sampul majalah Life.

    Winston Churchill

    Karya Foto lainnya :

                                                                        Albert Einstein
Citra Churchill Karsh membawa terkenal di dunia internasional, dan diklaim sebagai potret fotografi yang paling direproduksi dalam sejarah. Pada tahun 1967, ia membuat Officer Pesanan dari Kanada dan pada tahun 1990 dipromosikan menjadi Companion.

Mother Teresa
Merupakan salah satu karya fotografi portraitnya, Beberapa hsil karya portrait Karsh adalah Albert Einstein, Albert Schweitzer, Alexander Calder, Andy Warhol, Audrey Hepburn, Clark Gable, Dwight Eisenhower, Ernest Hemingway, Fidel Castro, Jacqueline Kennedy, Frank Lloyd Wright, Jenderal Pershing, George Bernard Shaw, Georgia O 'Keeffe, Grey Owl, Helen Keller, Humphrey Bogart, Indira Gandhi, John F. Kennedy, Laurence Olivier, Madame Chiang Kai-Shek, Muhammad Ali, Pablo Casals, Pandit Nehru, Paul Robeson, Peter Lorre, Picasso, Pierre Elliott Trudeau, Putri Elizabeth, Putri Grace, Pangeran Rainier dari Monaco, Robert Frost, Ruth Draper, Field Marshal Lord Alanbrooke dan, bisa dibilang paling terkenal potretnya subjek, Winston Churchill.

Tidak ada komentar: